Jumat, 14 Oktober 2011

Makalah Matematika : Hobbi anak-kelas IPA 2



BAB I PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang
           
            Hobby merupakan kesukaan atau aktivitas favorite yang diminati oleh kita. Hampir setiap siswa memiliki hobbynya masing-masing, namun tidak semua hobby yang diminati oleh siswa itu sama. Sehingga, keragaman minat siswa akan hobby membuat kelompok siswa dengan hobby mereka. 

Hobby juga selain kegiatan yang diminati, hobby merupakan kegiatan yang dapat menyebabkan dampak kepada pelaku kegiatannya baik dampak negatif maupun dampak positif. Meskipun dampak positif lah yang baik bagi pelakunya.

Meminati suatu hobby itu biasanya bukan tanpa sebab, karena dalam kejadiannya biasanya pelaku di inspirasi oleh pihak-pihak tertentu, baik orang tua, teman, ataupun artis idola.

Sehingga dengan kita meneliti tentang hobby anak-anak kelas IPA 2, kita dapat mengtahui sekaligus mengelompokan siswa dengan hobby mereka, serta mengetahui dampak dari hobbynya dan penginspirasi hobby tersebut



1.2.            Tujuan dan Manfaat

Dalam makalah ini kami sisipkan hasil penelitian/observasi kami terhadap hobbi yang paling diminati oleh anak-anak kelas XI IPA 2, baik berupa table maupun grafik yang menujukan hobbi-hobbi yang diminati oleh para siswa, Sehingga kami berargumen bahwa makalah ini bermanfaat media pembanding hobbi di kelas XI IPA 2, sekaligus media untuk pengelompokan siswa di kelas XI IPA 2 berdasarkan minat siswa/ hobbi siswa. Adapun tujuan kami dalam pembuatan makalah ini ialah untuk mengetahui hobbi yang dominan diminati oleh para siswa di kelas XI IPA 2.








BAB II PENGOLAHAN DATA

2.1.Landasan teori
Hobi merupakan aktivitas rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Tujuan hobi adalah untuk memenuhi minat dan mendapat kesenangan, bukan mendapatkan keuntungan. Ada pelbbagai jenis hobi seperti mengumpulkan, membuat, memperbaiki, memainkan dan pendidikan dewasa.

2.2.Populasi dan sample
            Populasi dalam makalah ini ialah observasi kami tentang hobi. Dan sample nya ialah tentang hobi anak-anak kelas XI IPA 2 yang diminati, diantaranya ; mendengarkan music, main bola, main game dan membaca novel.

2.3.Metoda penelitian
            Dalam penelitian terdapat metoda-metoda yang dapat dilakukan, yaitu angket, dan wawancara. Namun kami dalam kegiatan penelitian ini menggunakan metoda wawancara, yaitu dengan datang langsung ke lapangan dan menanyakan apa-apa yang ditulis kan sebagai angket berupa pertanyaan tentang hobi.

2.4.Prosedur kegiatan penelitian
Prosedur kegiatan penelitian :
1.      Tentukan judul yang akan diteliti atau diobservasi
2.      Tentukan objek yang akan diteliti atau ditanya
3.      Susun angket yang akan ditanyakan
4.      Lakukan observasi dengan menggunakan metoda penelitian(wawancara)
5.      Tulis data hasil observasi dalam bentuk table
6.      Sajikan data dalam bentuk diagram( batang, garis, batang daun, pie, dll.)

2.5.Angket


1.      Apa hobi yang anda senangi?

a.      Main bola
            b.      Mendengarkan musik
            c.       Membaca novel
            d.      Main game


2.      Apakah hobi anda mempunyai dampak positif?

           a.      Ya
           b.      Tidak


3.      Siapa yang mengispirasi hobi anda?
           a.      Orang tua
           b.      Selebritis
           c.       Teman
           d.      Lain


2.6.Penyajian penelitian

Dalam makalah ini , kami menyajikan data-data hasil observasi kami tentang hobi anak kelas XI IPA 2, yaitu dalam bentuk diagram dan table.



2.7.Hasil Grafik penelitian

2.8.1.Grafik ke-1
Grafik  diambil dari pertanyaan pertama yaitu “apa hobi yang anda senangi?” ,dari data grafik  bahwa hobi yang paling dominan diminati oleh anak-anak kelas XI IPA 2 ialah mendengarkan music sebanyak 21 dari 38 siswa.


2.8.2.Grafik ke-2

Grafik diambil dari pertanyaan kedua yaitu “apakah hobi anda mempunyai dampak positif ?” ,dan hasilnya  dari data grafik  bahwa hobi yang memiliki dampak positif bagi pelakunya sebanyak 32 siswa dari 38 siswa, sedangkan hobi yang tidak berdampak positif hanya 6 siswa.

2.8.3.Grafik ke-3

Grafik  diambil dari pertanyaan ketiga yaitu “siapa yang menginspirasi hobi anda ?” ,dan hasilnya data grafik bahwa selebritis atau tokoh idola lah yang paling banyak dalam mengispirasi hobi siswa tersebut.


BAB III PENUTUPAN

3.1.Kesimpulan
Dari data penelitian tersebut kita dapat melihat bahwa mendengarkan musik adalah hobby yang paling diminati di XI IPA 2, yang kebanyakan penginspirasi hobby mereka adalah seorang selebritis atau tokoh idolanya. Dan dari data tersebut hampir semua hobby yang mereka minati membawa dampak positif  bagi mereka sendiri

3.2.Saran
Hobby merupakan kegiatan rekreasi yang kita minati sehingga kegiatan itu rutin kita lakukan sebagai kegiatan mingguan, dengan hobby keinginan dan kesenangan dapat kita dapatkan/penuhi. Namun, sebaiknya Hobby juga dijadikan sebagai kegiatan yang bermanfaat sehingga hobby itu dapat mendidik kedewasaan. Maka dari itu dalam memilihi hobby hendaklah memilih hobby yang memiliki dampak positif bagi kita khususnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar